RSS


Struktur Navigasi
            Struktur navigasi adalah struktur alur cerita dari sebuah program. Sebelum mengajukan elemen – elemen yang digunakan aplikasi multimedia, sebaliknya kita mendefinisikan objek – objek yang merancang tampilan. Agar semua objek yang termasuk didalam aplikasi tersebut tidak mengalami kerancuan informasi, dengan kata lain semua tampilan dapat memberikan informasi yang bulat dan utuh, sehingga dapat tercapai suatu pembentukan. Aplikasi multimedia mempunyai empat macam struktur navigasi yang bisa digunakan. Diantaranya, Navigasi Linier, Navigasi Hirarki, Navigasi Non Linier dan Navigasi Campuran (Composite).

1          Navigasi Linier
             Struktur navigasi linier merupakan struktur yang mempunyai satu rangkaian cerita berurutan. Struktur ini menampilkan satu demi satu tampilan layer secara berurutan menurut aturannya. Dalam struktur ini tidak diperkenankan adanya percabangan.







 2          Navigasi Hirarki
            Struktur navigasi hirarki sering disebut struktur navigasi bercabang, yaitu merupakan suatu struktur yang mengandalkan percabangan untuk menampilkan data atau gambar pada layer dengan kriteria tertentu. Tampilan pada menu utama disebut master page (halaman utama satu), halaman tersebut mempunyai halaman percabangan yang disebut slave page (halaman pendukung) dan jika dipilih akan menjadi halaman kedua, begitu seterusnya.

3          Navigasi Non Linier
            Struktur navigasi non linier (tidak terurut) merupakan pengembangan dari struktur navigasi linier, hanya saja pada struktur ini diperkenankan untuk membuat percabangan. Percabangan pada struktur non linier berbeda dengan percabangan pada struktur hirarki, pada struktur ini kedudukan semua page sama, sehingga tidak dikenal adanya master atau slave page.
4          Navigasi Campuran (Composite)
            Struktur navigasi campuran (composite) merupakan gabungan dari struktur sebelumnya dan disebut juga struktur navigasi bebas, maksudnya adalah jika suatu tampilan membutuhkan percabangan maka dibuat percabangan. Struktur ini paling banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi multimedia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

teks, gambar, suara, animasi, video,storyboard

    Teks   
            Elemen teks adalah elemen dasar dari aplikasi multimedia, sebab menjadi basis bagi semua pengolahan kata sehingga dikatakan mendasar bagi sebuah program multimedia. Teks dapat dibuat dengan menggunakan software pengolahan teks seperti Microsoft word, Notepad dan Office org.

    Gambar
            Elemen gambar merupakan elemen terpenting kedua setelah teks, dikatakan penting karena kebanyakan manusia berorientasi kepada visual (penglihatan). Gambar dapat dihasilkan dengan menggunakan beberapa cara, dengan men-scan, membuat sketsa atau mengerjakannya langsung di computer. Gambar dapat dibuat dengan menggunakan software pengolahan gambar seperti Adobe photoshop, Scanner maching, dan ms.paint.

    Suara
            Elemen suara merupakan satu – satunya media yang unik bila dibandingkan dengan media yang lainnya yang menjadi elemen multimedia. Elemen suara memberikan informasi dan menjalankan pengguna dengan menggunakan indera pendengaran. Aplikasi elemen ini adalah recording, yang meliputi cooledit pro dan komponen player yang meliputi, Winamp, Jet audio, Real player, dll.

   Animasi
            Elemen animasi adalah gambar yang ditampilkan secara bergantian sehingga akan terlihat bergerak atau berubah. Proses animasi adalah menampilkan gambar demi gambar dalam satuan waktu. Berguna juga dalam penegasan suatu informasi tetapi terkadang sebagai informasi yang berdiri sendiri tanpa teks.

   Video
            Elemen video merupakan teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentrasmisikan, dan menata ulang gambar bergerak.

   Storyboard

            Storyboard adalah gambaran dan penjelasan secara terperinci dari tiap teks, gambar, suara, animasi, video, dan penjejakan. Sebelum menjadi tampilan akhir, dibuat terlebih dahulu perencanaan tampilan untuk tiap – tiap bagian. Perencanaan tampilan mengatur tata letak dari objek – objek sehingga tata letak objek – objek dapat membentuk suatu tampilan yang menarik dan tidak membosankan. Bagian – bagian tampilan dalam alur cerita akan disatukan oleh peta penjajakan selama proses mendesain multimedia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS